Friday, September 12, 2008

Maturnuwun Gusti.. Sumonggo Kerso..

Sekarang.. Jarang sekali aku mendengar kalimat-kalimat seperti di atas dilantunkan dari bibir orang-orang di sekitar aku. Ini membuat aku sekarang merasa sangat beruntung sekali karena dulu sering kali mendengar kalimat-kalimat kepasrahan yang dalam seperti itu ketika masa kecil dahulu. Kedua kalimat tersebut dahulu sering aku dengar dari simbah-simbah di kampung. Indaahhh.. Indaaahhh sekali kalimat itu terdengar.. Ya.. karena aku sadar telah menerima sebuah pelajaran penting tentang laku keikhlasan..

Maturnuwun Gusti… Terima kasih Tuhan.. sebuah ungkapan terima kasih kepada Sang Pencipta, Sang Maha Kuasa. Tanpa kepura-puraan. Bisa kita rasakan kejujuran pengucapannya, apakah dari dalam HaTi atau hanya sebatas lip-services saja..

Sumonggo Kerso… Silahkan Tuhan terjadilah sesuai dengan kehendak-Mu.. woowww… ungkapan yang sangat sangaaatt indah untuk sebuah kepasrahan dan keikhlasan hati atas segala yang diberikan Sang Pencipta, tidak peduli baik maupun buruk bagi kita. Mungkin ini karena mereka yakin bahwa apa yang dari Tuhan adalah baik belaka, sedangkan kita kebanyakan sering menilai baik-buruk menurut “versi” atau "pandangan" kita belaka.

Jika digabungkan, Maturnuwun Gusti.. Sumonggo Kerso.. kurang lebih memiliki makna “Terima kasih Tuhan, Apapun yang Engkau berikan padaku, aku terima dengan ikhlas seikhlas-ikhlasnya.”

Pada akhirnya, aku mulai belajar untuk sering mengucapkan dengan HaTi..
Maturnuwun Gusti… Sumonggo Kerso…
Terima Kasih Tuhan… Aku pasrah dan ikhlas atas semua kehendak-Mu.. Tiada yang lebih Indah bagiku selain ikut Kehendak-Mu…
Amin…


Jakarta
, 12 September 2008
http://criezk.blogspot.com/

4 comments:

criezk said...

widhi..

duh gusti...kawulo nyuwun ngapuro...
ini juga masih sering takdenger Chris, dari Mbahku yang udah sepuh...

criezk said...

Salam buat simbah deh Wid.. :)

criezk said...

dari Lunna..

hai...
"maturnuwun Gusti"mu menancap di hatiku...:)
bulan lalu barusan pulang... ke jogya... ke padang... bali dan tak lupa semarang

saat pesawat lepas landas meninggalkan semarang
tak terasa air mata menitik... entah kapan akan bisa kembali lagi
mudah2an masih diberi umur panjang

"maturnuwun Gusti"....

criezk said...

wahh.. thank's banget Lunn..
tulisan iseng gw dibaca.. he.he..

aku doain besok2 kamu makin sering pulang kampung deh..
terharu juga neh jadinya.. hiks.. hiks..

oiya.. salam buat timnas bola belanda ya.. salah satu timnas favorit gw..

selebihnya, sumonggo kerso Kanjeng Gusti aja Lun..
mohon Maaf Lahir & Bathin ya..

salam,
criezk