Monday, September 15, 2008

..DaRKNeSS and LiGHT..

Lukisan ini berjudul “Darkness and Light” karya Salvador Dali, seorang pelukis terkenal, yang menggambarkan pengalamannya dengan Psycho-Cybernetics, yang ia berikan sebagai hadiah kepada Maxwell Maltz.

Berikut adalah uraian Dr. Maltz tentang lukisan ini, didasarkan pada percakapannya dengan Salvador Dali ketika pertama kali lukisan ini diberikan kepadanya :

Ditengah-tengah lukisan ini terdapat dunia yang dibagi menjadi dua bagian. Yang sebelah kiri adalah dunia dalam bayang-bayang akibat frustasi. Di sini, ditengah-tengahnya, ada gambaran seorang manusia yang menciut hingga seukuran kentang, menjauhkan diri dari kenyataan, menuju malaikat kehancuran yang hitam. Di bawah, Anda lihat sebuah kapal tanpa layar, hampir terbalik di lautan frustasi. Paruh kedua dari dunia batiniah orang ini adalah terang benderang, penuh keyakinan. Di sini, citra manusia digambarkan sangat besar dan berjalan menuju matahari. Di bawahnya Anda lihat sebuah kapal di perairan yang tenang, hampir sampai ke pelabuhan. Dan apakah pelabuhan ini? Kedamaian Pikiran!! Kita bisa belajar menjauhkan diri dari dunia bayang-bayang akibat frustasi ini ke dalam fajar dunia baru, lewat kepercayaan diri.

Salvador Dali

Dalam suatu wawancara, Dr. Maltz mengatakan,
“Pemberian Dali kepada saya adalah pemberian yang dapat diberikan setiap orang kepada dirinya sendiri. Penting kita pahami bahwa pelabuhan berupa kedamaian pikiran itu tidak mungkin tercapai dengan menjauhkan diri dari kenyataan. Setiap bentuk pelarian yang sederhana hanya dapat mengurangi frustasi untuk sementara waktu, seperti aspirin dapat mengurangi gejala sakit kepala. Hanya dengan bergerak agresif menuju kenyataanlah – yang artinya menemukan kebenaran-kebenaran tersembunyi tentang diri Anda sendiri – Anda baru dapat benar-benar meraih kebenaran pikiran”.

Sumber : The New Psycho-Cybernetics by Maxwell Maltz, M.D. F.I.C.S.

http://criezk.blogspot.com/

No comments: