Thursday, October 23, 2008

di Jakarta, sedikit “kesopanan” ternyata masih BeRHaRGa.!!

jumat sore itu Jakarta terasa demikian sesak.. sibuk.!!
gimana neh??
aku butuh kendaraan segera, karena sudah ada janji dengan seseorang..

di sudut tugu pancoran, beberapa mobil bernama TaXi tidak ada yang mau berhenti..
luar biasa hari itu.. PENUH SEMUA.!!

bussyyeeeett.. dah berapa lama aku berdiri disini..
kulirik arloji.. setengah jam!?

lihat kiri-kanan, kuputuskan untuk berjalan pindah lokasi..
sambil berjalan, pake sedikit ilmu kebathinan.. ha.ha..
maksudnya sambil ngebathin.. “santai aja.. bentar lagi pasti dapat.!!”

ehh.. di depan sana ada TaXi kosong meluncur..
wahhh.. di depan ada yang melambaikan tangan..
lhoh koq ga mau berhenti?? apa terisi ya??
ternyata masih kosong koq.!

coba-coba kulambaikan tangan juga..
eehh.. lampu sein, tanda mulai menepi menyala..
asyyikk berhenti.!!

di dalam, kuajak ngobrol sang supir, orangnya sudah agak berumur..
“maaf nih pak.. tadi saya liat ada orang yang coba berhentiin TaXi bapak sebelum saya, koq bapak ga berhenti tadi?? malah berhentinya sama saya??”

katanya, “iya mas.. bukan apa-apa mas, saya malas aja mbawanya.. asal mast au ya.. sepanjang jalan tadi banyak lho yang mau naik.!”

walah.. supir TaXi bisa sombong juga toh.?!!

“nah lho kenapa enggak bapak bawa? Khan sayang pak rejeki koq ditolak.!”, tanyaku lagi.

katanya lagi, “gak tau ya mas.. tadi koq saya liat yang nyetop saya pake tangan kiri semua.. jadi bawaannya malas aja.!! nah, pas mas tadi, nyetop TaXi-nya pake tangan kanan, jadi saya langsung berhenti.!!”

“oooo.. githu ya pak.!!”, jawabku lirih, gak nyangka “hal-hal kecil” seperti itu masih ada yang memperhatikan di kota sebesar Jakarta ini.. jujur.. gak nyangka banget.!
atau ini hanya kebetulan saja.?? siapa yang tau.?!!

ya.. hal-hal kecil lah yang tanpa kita sadari sering mengubah jalan hidup kita..
yah.. tanpa kita sadari, perubahan selalu terjadi dalam hidup kita setiap detik.?!

oiya.. jadi teringat kembali dengan kata-bijak Bunda Teresa, "bukan tindakan besar dan hebat yang menentukan hidup kita, melainkan kesetiaan dalam menekuni pekerjaan-pekerjaan kecil dan tidak berarti"


http://criezk.blogspot.com/

10 comments:

criezk said...

Ngurah Says:

mas musti bersyukur, & secara kebetulan juga menjadi pilihan bpk sopir taxi tsb…
yg paling disyukuri adl mas msh memiliki tangan kanan buat nyetop taxi…
hehehe…

criezk said...

ipoet Says:

good..

criezk said...

2 bli Ngurah thank’s banget..

syukur.. syukuurr.. syuukkkkuuurrr.. thank’s GoD..

tangan kiri ada juga aku syukuri banget koq bli,, wah.. kalo ga ada tangan kiri.. pas selesai ttiiiiiitttt… nah lho koq malah disensor seh.!! pas tangan kanan pegang gayung gmana donk bersihin kotorannya.?? he.he..

criezk said...

2 mas Ipoet.. thank’s banget mas..

mudah2an ada manfaatnya mas..

criezk said...

Rahmat Says:

mas cris memang orang yang sopan, tidak hanya sedikit tapi banyak..

criezk said...

2 mas Rahmat..

jangan berlebihan githu ahh mas..
jadi maluuu.. ha.ha.ha…

criezk said...

bobby Says:

gue tahu tuh si kris tangan kanannya mengibar-ngibarkan uang seratus ribuan 2 lembar..
sementara yang lainnya udah tangan kiri nyetopnya, eh pake jari tengah lagi..
tentu saja pak sopir milih mas kris,
Udah sopan, duitnya merah warnanya, dan selalu bilang “ambil saja kembaliannya pak..”

criezk said...

@ bobby :
thenkyu mas bobby..

ha.ha.ha.. bisa aja mas bobby yang baek hati ini..

kapan2 waktu datang ke jakarta kalo mau ditraktir bilang aja mas..
oiya, dengan syarat jangan bawa orang sekampung ya.. ha.ha.ha..

criezk said...

rifo-visart Says:

chris.. kamu memang anak muda harapan bangsa..
kalo aku inget2 kadang aku juga suka nyetop taxi pake tangan kiri..krn tangan kanan pegang HP.. kalo nyetop nya pake tng kanan sambil bawa HP.. ntar dikira jualan HP lagi…he
Anyway.. it’s a nice article..

criezk said...

@ mas syarief :
thenk’s mas komennya..

harapan bangsa.?? berlebihan deh.. he.he.. mudah2an mas yang nanti mendapatkan spirit orang jepang yang tidak kenal menyerah untuk diterapkan di indonesia.. okey..

kembali ke topik, aku juga kadang nyetop pake tangan kiri koq.. menurut aku kedua tangan itu baik adanya.. dan bagi aku kedua-duanya adalah “tangan yang baik”.. yah.. tapi kadang kita harus “menyesuaikan diri” dengan bumi dimana kita berpijak..

saat itu, bisa jadi “kebetulan” aja atau memang keberuntungan aku dengan “kebiasaan” aku kalo tidak ada halangan aku selalu pake tangan yang diistilahkan “baik”.. aku pribadi salaman tangan kiri ke kiri.. ya ayuks aja.. apalagi pipi ke pipi.. he.he..