Tuesday, November 4, 2008

ketika suara malaikat “bertempur” dengan rayuan setan.!!

kadang kala, saat aku berpikir, selalu ada pikiran-pikiran lain dalam pikiranku yang mengganggu. sering kali aku merasa heran sendiri, apakah aku sendiri yang berpikir? atau siapa?

teringat dongeng bahwa di dalam diri tiap manusia ada satu pribadi malaikat yang menuntun diri kita ke arah kebaikan, dan sebuah pribadi yang lain yang menghalangi-halangi perbuatan baik yang akan kita lakukan, yang seringkali disebut oleh sebagian orang sebagai setan.

oke, gampangnya aku ambil kesimpulan dari gambaran di atas.. siapa-siapa saja pribadi aku itu.!!
pihak pertama, pribadi aku sebagai manusia yang benar-benar diberikan “kehendak bebas” dari Sang Kuasa.
pihak kedua, pribadi lain diri aku sebagai malaikat, yang selalu menuntun aku untuk berbuat baik.
pihak ketiga, pribadi lain diri aku sebagai setan, yang selalu berusaha menghalang-halangi aku untuk berbuat baik, alias selalu berusaha menjerumuskan aku dalam kegelapan.

oiya.. aku tidak bilang malaikat maupun setan, jika pun ada, sebagaimana di atas lho.. itu hanyalah representasi aku untuk mempermudahkan penggolongan aku atas diri aku yang utuh, diri positif aku, serta diri negatif aku.. ahh.. ga usah dipikirin deh.. itu hanya istilah aja.. yang penting saya dan anda tau maksudnya.. okeh..

kembali ke laptop lagi, sering kali dalam kehidupan di kita diharuskan untuk bertindak.. kadang kala tepat sebelum tindakan itu dilakukan, kita melakukan peperangan dengan pikiran kita sendiri..

oke.. gampangnya begini.. kita ambil contoh kongkret aja..

suatu saat ada pengemis datang meminta sedikit bantuan pada kita.. apa yang akan anda lakukan?? saya yakin pada awalnya akan ada pertentangan di dalam pikiran anda sendiri.. sang malaikat dan sang setan sedang berperang dalam pikiran kita.. dan kita timbang-timbang baik buruknya?? dan akhirnya kita melakukan putusan untuk memberikan bantuan atau tidak.. baik buruknya tindakan kita dilakukan oleh kita sendiri.. he.he.. lha wong kita sendiri yang mikir.. tapi ini gampang banget rasanya.. karena baik-buruknya ada ukuran yang bisa dipakai misalnya agama..

situasi yang lebih rumit jika kita berhadapan dengan sesuatu yang kita anggap baik tetapi tidak berhubungan dengan amal seperti yang diminta dalam agama.. sering kali kita menunda atau tidak kita lakukan hal itu.. wah seperti apa ya?? bentar.. aku mikir dulu ya.. wah.. ketemu juga akhirnya.!!

Kadang kala kita berhadapan dengan situasi misalnya kita tau bahwa “melakukan agar goal kita tercapai itu bagus”, “melanjutkan sekolah itu baik”, “menyelesaikan pekerjaan kantor itu baik”, “menjadi pengusaha itu baik”, “memberikan pelayanan kepada suami / isteri itu baik”, dan lain sebagainya.

Sering kali saat kita akan melakukan tindakan baik di atas, muncul pikiran-pikiran bernuansa malaikat seperti “lakukan saja” maupun pikiran negatif dari sang setan, “ahhh.. ga usah, nanti aja..”, “lain kali juga bisa..”, “ahh.. dia bisa koq sendiri kenapa harus dilayani..” sehingga seringkali kita memilih pada suatu pilihan.. sayangnya, seringkali kejadiannya adalah kita menyesal di kemudian hari..!!

ha.ha.. jadi seringkali kalo saya menyesal, karena memilih tunduk pada rayuan sang setan.. saya hanya tertawa melihat kebodohan saya takluk pada rayuan sang setan.. untungnya, saya tidak merasa harus merasa tidak berdaya atas keputusan yang telah saya ambil.. karena saya masih tetap bisa “mengarahkan” kembali pada tujuan saya.. dan sambil tersenyum minta maaf ke sang malaikat, sambil berkata.. “semoga engkau terus mendampingi aku meski kadang kala aku tidak mengubrismu..”

oiya.. kalo anda belum menemukan malaikat dan setan dalam diri anda.. ada sebuah trik sederhana. !!

misanya, Anda tau memiliki berat badan berlebih itu tidak baik.. dan saat ini anda kelebihan berat badan serta ingin menurunkan berat badan.. pasanglah tujuan anda.. kemudian bercerminlah.. pasti akan tampak diri anda yang gembul.. bulat.. penuh lemak di sana-sini.. he.he.. maaf.!! cobalah perhatikan.. ada suara-suara setan yang menolak anda mencapai tujuan anda.. he.he.. perhatikan aja deh.. dan biasanya juga muncul suara-suara yang mendukung tujuan anda tercapai.. coba deh mulai perhatian pada suara-suara mereka..

juga, misalnya anda tau bahwa merokok itu baik.. dan anda pernah mencoba untuk merokok, tapi gagal.!! Kenapa?? ha.ha.. menurut saya sih, karena anda terkena bujuk rayu sang setan.. whhiiyyy.. serreeeem yaaa..!!!

maaf beribu maaf jika ada yang tersinggung atas tulisan ini.. saya hanya ingin anda untuk mulai “belajar” mendengarkan “suara-suara kebaikan” sang malaikat dan “suara-suara penolakan atas kebaikan” sang setan.. bergaullah dengan mereka supaya anda tau siapa yang sedang berbicara dengan anda.. mulailah belajar supaya anda tidak mudah tertipu..!!

suara apa ya tuh.. kayaknya aku dengar sesuatu deh.?! apa.?? udah dulu??
wooyyy.. aku dengar suara sang malaikat tuh.. ha.ha.. okey deh boss.!! aku ikuti suaramu..

udah dulu ya semuanya..
semoga Damai selalu tercipta di dalam dan di luar Pikiran Anda.!!


http://criezk.blogspot.com/

1 comment:

BankSkripsi said...

Sekedar nambahin aja pak....?

memnag benar, sering kali kita bergumul dengan pikiran kita sendiri dengan hal-hal mana yang baik dan buruk...

kalo menurutku sebaiknya kita mengikuti apa kata hati kita, insya Allah itu yang benar... karena hati kita diciptakan oleh Allah SWT untuk selalu cenderung kepada kebenaran...

maaf kalo g nyambung hehehe.....