Tuesday, November 4, 2008

Sebuah ukuran ke$uk$e$an.!??

Sebagai seorang sahabat lama tidak bertemu sejak lulus sma dahulu, pertanyaan yang sering keluar adalah, “Apakah kamu sudah sukses?”. Tadinya sebelum saya jawab, mau saya tanya balik dulu, “apa dulu ukuran kesuksesan menurut kamu.?” Ini cukup penting, karena menurut aku tiap orang punya ukuran yang berbeda tentang kesuksesan. Tapi hal itu tidak jadi aku lakukan dan aku hanya menambahkan bahwa kesuksesan menurut aku adalah jika “aku bisa menghargai dan menikmati “saat ini” dengan senikmat-nikmatnya”.

Mungkin jawaban aku ini agak nyeleneh dipikiran anda. Kenapa?? karena, setahu saya, kesuksesan menurut kebanyakan orang biasanya dihubungkan dengan keberhasilan karir ataupun harapan untuk hidup lebih baik.

Yess.. tentu saja boleh-boleh saja.. saya pun punya ukuran seperti itu.. hanya saja saya menikmati proses pembelajaran dalam tiap jengkal langkah kaki kehidupan saya..

Bagi saya, anda boleh punya jabatan tinggi, punya keluarga, punya uang banyak, dan lain-lain, tapi kalo anda tidak bisa menikmati apapun yang anda capai.. baik keberhasilan.. maupun kebelum berhasilan anda.. maaf saja tidak katakan kegagalan.. karena dalam kamus hidup saja sudah saya coret kata kegagalan.. tidak ada kegagalan dalam perjalan hidup saya.. yang ada adalah feedback untuk menjadi lebih baik lagi.. bagi saya, jika “saat ini” anda tidak menikmati setiap jengkal pencapaian anda, anda belum sukses.. itu aja.!! ini versi saya lho.!! jangan marah ya.!!

Bagi saya, jika anda masih mengeluh dan membuat diri anda selalu tidak berdaya.. dengan mengatakan bahwa semua itu takdir, nasib dan sebagainya.. anda belum sukses.!! Maaf, ini bentuk perhalusan saya dari tidak sukses.!! Maaf, sebenernya Anda punya KUASA untuk membuat hidup Anda lebih baik..

Saya sendiri secara pribadi memandang hidup yang “paling penting” adalah “saat ini”. Kenapa?? uraian bahasa yang indah akan kita temukan dalam bahasa inggris. “Saat ini” dalam bahasa Inggris biasanya diwakili dengan kata “Present” yang juga dapat diartikan sebagai anugerah atau hadiah. Sampai sini masih valid khan uraian saya.! Jadi saran saya, nikmatilah “saat ini” adanya diri anda dengan senikmat-nikmatnya.. ya.. nikmatilah “saat ini” anda.. nikmatilah setiap detik demi detik waktu anda.. karena di tangan orang yang tepat, detik-detik itu dapat membuat dia berharga.!! Jadikan hidup anda “saat ini” sebagai anugerah dan hadiah bagi orang lain.. karena kebahagiaan wajah anda itu memancar dan dapat mempengaruhi (membahagiakan) orang-orang disekeliling anda yang anda sayangi..

Bagi saya pribadi, menghargai dan menikmati “saat ini” sangatlah penting.. karena apa?? karena hanya “saat ini” lah yang benar-benar ada atau exist dalam hidup kita. Kita tidak hidup di masa lalu.. anda sering dengar orang bilang, “lupakan saja masa lalu” atau “forget the past”. Yup.. karena masa lalu itu sesungguhnya tidak ada atau bahasa lainnya doesn’t exist.. ya.. anda tidak hidup di masa lalu.. buat apa kita tinggal di saat ini dalam masa lalu.?? Apa untungnya buat anda?? Bagi saya, masa lalu hanyalah sebuah cara untuk melihat “cara” kita melakukan sesuatu itu tepat atau tidak.. saya memanfaatkan masa lalu sebagai proses pembelajaran diri saya.. itu saja.!! Tinggalkan saja semua masa lalu dengan seuntai senyum dibibir anda.. jangan biarkan masa lalu “menghalangi” langkah anda saat ini.. adalah hak anda untuk “bertindak” dan “melakukan sesuatu” di saat ini.. bukan di masa lalu.. ya.. karena di “saat ini” Andalah yang berkuasa atas hidup anda.. ya.. di “saat ini” lah Anda bisa mulai mengubah kehidupan anda..

Sebagai tambahan, anda juga tidak hidup di masa depan.. sebagaimana dengan masa lalu.. masa depan juga tidak ada atau doesn’t exist.. jangan bermimpi tentang masa depan jika anda belum menikmati saat ini.. masa depan menjadi penting ketika dia berubah nama menjadi “saat ini”.. yess.. tugas kita menikmati “saat ini”.. sehingga masa depan mau menjadi sahabat baik kita.. tentukan dan arahkan pikiran serta tujuan-tujuan hidupmu ke masa depan.. dan nikmatilah pencapaian “masa depan” telah tercapai “saat ini” dalam masa depan.. dan nikmatilah setiap bentuk pencapaian masa depanmu di saat masa depanmu menjadi “saat ini”..

Semoga Anda semakin menikmati “saat ini”.!
Maaf, jika dalam tulisan ini mengandung bahasa yang tidak mudah dipahami.!!

Tulisan ini secara khusus dipersembahkan buat seluruh sahabat-sabahat saya yang saya cintai.. terutama buat mas Ronny Jembon, sahabat SMA saya, seorang gitaris handal pada jamannya, dengan pertanyaannya yang menggelitik saya untuk menuliskan tulisan ini..

http://criezk.blogspot.com/

No comments: