Friday, August 22, 2008

1 + 1

Seorang sahabat dengan pasti mengatakan bahwa 1 + 1 sama dengan 2.
Ketika saya katakan bahwa 1 + 1 bisa juga tidak sama 2, maka dia mulai memasang muka yang agak berbeda.
"Gak mungkinlah", katanya, “1 + 1 ya sama dengan 2, dari SD dulu juga seperti itu..!!”
He.he.. aku senyum saja, gak enak mematahkan pendapat dia.

Sejak kecil, kita memang diajarkan bahwa 1 + 1 adalah sama dengan 2.
Tapi jika otakku sampai sekarang mengatakan bahwa 1 + 1 adalah sama dengan 2, maka aku rasa pemikiranku sudah mandek atau mati.!!

Ya.. secara itung2an matematika, 1 + 1 = 2, itu betul, dan saya tidak meragukan hal itu.
Tapi.. jika kita gabungkan, maka 1 + 1 akan berubah menjadi 11.
Nah.. di sini pikiran kreatif kita mulai terbuka.
Seorang Covey mengatakan, dengan melakukan kompromi, maka 1 + 1 sama dengan 1 ½, hal ini karena ada pihak yang memberi dan ada yang menerima.
Covey juga menambahkan, dengan adanya sinergi, maka 1 + 1 bisa sama dengan 4, 8, 16, 1000, dst.
Kemudian, aku tambahkan lagi, ketika seorang laki-laki dan wanita bersatu, maka 1 + 1 adalah hanya menjadi 1.

Jika dihitung-hitung, ternyata 1 + 1 dapat dilakukan dengan 5 buah cara dengan hasil yang beraneka ragam.
Hasil ini bukan berarti 1 + 1 hanya sejumlah itu saja.
Itulah sementara yang saya tahu.
Jika suatu saat saya menemukan cara baru, informasi baru, dan pemikiran baru, jumlah itu bisa saja berubah.

Mungkin, orang membaca ini akan berkata, “ah.. kalo githu seh aku juga tau.!!”
Paling komentar aku, “Ya iyalah kamu tau.. karena aku kasih tau..!!”

Kadang apa yang kita pahami barulah sebagian kecil saja, tapi sering kali kita seakan-akan sudah mengetahui segalanya..!!

Bukalah pikiranmu, karena pengetahuan ada dimana-mana..!!


http://criezk.blogspot.com/

No comments: